Pengumpan RSS

Keturunan Seni

Kalau tinggal di masyarakat, apalagi pelosok desa, pasti lah warga masyarakatnya masih kental dengan budaya Jawa. Terbukti dari upaya Brama Muda menjaga kelestarian budaya Jawa di Dusun Dayakan tercinta ini.

2013

Bisa dibilang menjadi awal mula hitz nya seni di Dusun Dayakan. Lewat Drama berbahasa jawa dengan judul Ande-ande Lumut di Pentas Tujuhbelasan, kami siap melestarikan seni budaya Jawa. Sambil mengajak beberapa adik-adik lucu dan ibu-ibu kece untuk tampil tarian tradisional di acara tersebut.

2013.JPG

Pasca Pentas Ande-Ande Lumut oleh Brama Muda dan direkam oleh teman-teman dari KagemTV

2014

Ande-ande Lumut membawa jam terbang seni di Dusun Dayakan memuncak. Suguhan drama berbahasa jawa yang kami tampilkan menginspirasi para tetua di Dusun Dayakan untuk serius mengembangkan seni di Dusun Dayakan. Jawabannya adalah dengan mengikuti lomba dalam Festival Kethoprak Kabupaten Sleman. Berkolaborasi dengan para senior yang sudah berpengalaman, diiringi gamelan jawa bapak-bapak yang berpengalaman pula, bergabung dan muncul perkumpulan bernama Padhang Jingglang. Brama Muda menjadi mengenal seni budaya jawa secara totalitas lewat itu.

DSCF3696.JPG

Salah satu adegan Lakon Bedah Madiun dalam Festival Kethoprak Kabupaten Sleman 

2015

Kembali dipertemukan dengan kesempatan melestarikan budaya Jawa di Pentas Tujuhbelasan. Kali ini, Brama Muda menampilkan Kethoprak Anak dengan lakon Jujur Mujur (cerita rakyat Joko Cengkir). Dengan bantuan beberapa bapak-bapak Padhang Jingglang, melatih adik-adik untuk bermain kehoprak, dan sebagian pemuda lainnya bergabung dibagian gamelan.

pentas17an (41).jpg

Kalau bisa melestarikan di usia muda, kenapa harus nanti? 

 

Iklan

About keluargabramamuda

1. Sebuah organisasi Pemuda/ Pemudi dusun Dayakan, Kelurahan Sardonoharjo,Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55581 2. Lahir di Wisma Kaliurang, 28 Oktober 2006 3. Terdiri dari Ketua Umum, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara, serta anggota-anggota yang luar biasa. 4. Memiliki fokus kegiatan di bidang sosial masyarakat, kelestarian lingkungan, seni budaya dan olah raga, pendidikan dan kerohanian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: