RSS Feed

OUTBOND SUKA SUKA :D

Part. II OUTBOND

Lanjutan liputan artkel sebelumnya …

Masih dalam rangka peringatan hari Kartini, rangkaian acara selanjutnya yang kami laksanakan adalah outbond untuk anak-anak di Dusun Dayakan. Tema outbond yang kami usung adalah “Nguri-uri Kabudayan Jawi” atau melestarikan budaya Jawa. Oleh karena itu, kami memasukkan unsur-unsur budaya Jawa dalam setiap permainan yang kami gunakan untuk outbond.

Panitia outbond yang baru saja menyelesaikan tugasnya di lapangan sebagai petugas upacara segera capcusss dan berganti kostum, dari pakaian adat Jawa menjadi pakaian outbond, training, kaos dan sandal jepit. Selesai mengganti kostum, semua panitia membelah diri menuju pos masing-masing, kecuali sie acara dan beberapa panitia yang mulai melakukan briefing dan pembagian kelompok untuk peserta outbond.

Peserta dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 6-8 orang anak yang didampingi oleh 2 orang pemandu. Setiap kelompok wajib menampilkan yel-yel berdasarkan nama kelompoknya masing-masing, yaitu:

–          Kelompok Menthok

–          Kelompok Cublak-cublak Suweng

–          Kelompok Gundhul-gundhul pacul

–          Kelompok Jaranan

–          Kelompok Kodok Ngorek

Nama kelompok tersebut kami ambil dari semua judul lagu dolanan Jawa, yaitu lagu-lagu yang biasa digunakan untuk permainan anak-anak kecil di Suku Jawa pada Jaman dahulu, Sengaja kami ambilkan lagu-lagu tersebut karena sebagian besar anak-anak jaman sekarang tidak mengenalnya. Hal ini terbukti ketika tiap kelopok harus mengulang beberapa kali untuk menyanyikan lagu tersebut (miris).

There’re the songs ..

CUBLAK-CUBLAK SUWENG

Cublak cublak suweng.. suwenge ting gelenter.

Mambu ketundung gudel

Pak empong lera-lere

Sopo ngguyu ndelikkake

Sir-sir pong dhele gosong

Sir sir pong dhele gosong

MENTHOK-MENTHOK

Menthok, menthok, tak kandani mung lakumu,

Angisin-isini mbok yo ojo ngetok,

Ono kandhang wae enak-enak ngorok,

Ora nyambut gawe

Menthok, menthok …

Mung lakukumu megal megol gawe guyu

KODOK NGOREK

Kodok ngorek kodok ngorek

ngorek pinggir kali

Teyot teblung teyot teblungteyot

teyot teblung

Bocah pinter bocah pinter besuk dadi dokter

Bocah bodho bocah bodho besuk kaya kebo

 

JARANAN

Jaranan-jaranan… jarane jaran teji

Sing numpak ndara bei

Sing ngiring para mantri

Jeg jeg nong..jeg jeg gung

Prok prok turut lurung

Gedebug krincing gedebug krincing

Prok prok gedebug jedher

GUNDHUL-GUNDHUL PACUL

Gundhul gundhul pacul cul, gembelengan

Nyunggi nyunggi wakul kul, petentengan

Wakul ngglimpang, segane dadi sak latar

Wakul ngglimpang, segane dadi sak latar

Selesai briefing dan pembagian kelompok,a cara outbond siap dimulai dan ditandai dengan pemotongan pita oleh mantan ketua Brama Muda periode 2008 dan pelepasa 2 ekor burung merpati oleh ketua panitia.

Semua kelompok berangkat menuju pos-pos sesuai peta yang mereka dapatkan. Rute outbond yang harus ditempuh adalah keliling Dusun Dayakan. Dalam outbond kemarin, kami mengadakan 5 pos utama yang berisi permainan tradisional Jawa dan 2 pos bayangan  yang tersebar di beberapa titik strategis di Dusun Dayakan. Pos-pos tersebut adalah:

 

Pos 1 Ular Naga Panjangnya (Lapangan dusun Dayakan)

Pos 2 Gobag Sodhor (halaman rumah ketua I Brama Muda, sdr. Imam)

Pos bayangan I Jaring Laba-laba (sebelah warung angkringan Lek To)

Pos 3 Dhingklek Oglak-aglik (halam rumah Koord. Humas Brama Muda, sdr. Sigit)

Pos 4 Tamparan (halaman rumah salah satu warga Dusun Dayakan, Ibu Lastri)

Pos 5 Dakon (halaman Bendahara Brama Muda, sdri. Retno & Widya)

Pos bayangan II Estafet Air (Sungai di pinggir Lapangan dan area persawahan)

ini dia beberapa foto kegiatannya ..

 

 

 

eserta outbond sangat antusias mengikuti acara ini. Kebanyakan dari mereka belum pernah memainkan permainan-permainan tradisional yang kami sajikan. Ditambah tingkah polah lucu pemandu dan panitia yang semakin membuat semarak acara outbond.

Di setiap pos, setelah menunaikan tugasnya, masing-masing kelompok akan memperoleh amplop yang berisi potongan cerita tentang RA Kartini. Setelah selesai menempuh perjalanan hingga pos terakhir dan kembali berkumpul di lapangan untuk beristirahat, para pemandu kelompok wajib menceritakan potongan-potongan cerita tentang RA Kartini yang telah mereka peroleh kepada “anak asuhnya”, sambil menikmati nasi kuning dan pudding yang telah disediakan oleh panitia (nyammmmmm).

Dalam outbond ini, panitia tidak menentukan siapa pemenangnya, panitia hanya akan memberikan penghargaan bagi setiap tim dengan kategori tim terkompak, terlucu, terngeyel, tercepat, terlemot, dan best of the best team. Di akhir acara, panitia memberikan door prize sesuai dengan penghargaan yang mereka terima, dengan syarat para peserta harus mengumpulkan sampah-sampah yang ada di lapangan (yang berupa plastic kemasan nasi kuning dan pudding yang mereka santap) terlebih dahulu. Ketika lapangan telah bersih, door prize siap dibagi. Sorak sorai semakin bertambah ketika salah seorang pemandu, yaitu Dika, diberi kejutan karena saat itu ia berulang tahu. Semua bergembira  daaaaaaaannnn usai sudah acara outbond hari itu.

Anak-anak pun bersorak-sorak,

“Besok ngadain lagi yaaaa, mas, mbak!!”

See you later, kami pun bahagia bias berbagi ceria dengan kalian, sobat-sobat kecil J

About keluargabramamuda

1. Sebuah organisasi Pemuda/ Pemudi dusun Dayakan, Kelurahan Sardonoharjo,Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55581 2. Lahir di Wisma Kaliurang, 28 Oktober 2006 3. Terdiri dari Ketua Umum, Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara, serta anggota-anggota yang luar biasa. 4. Memiliki fokus kegiatan di bidang sosial masyarakat, kelestarian lingkungan, seni budaya dan olah raga, pendidikan dan kerohanian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: