RSS Feed

PERINGATAN HARI KARTINI

Kegiatan paling fresh dari Brama Muda, baru saja kami laksanakan pada tanggal 24 April 2011 lalu. Rangakaian kegiatan ini terdiri dari aksi tanam pohon (yang pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan hari bumi sedunia pada tanggal 22 April 2011), dilanjutkan dengan upacara bendera dan outbond (untuk anak-anak) pada hari minggu tanggal 24 April2011.

Hal unik yang kami tampilkan dalam peringatan hari Kartini tersebut adalah, kami mengusung tema

“ MENGETI DINTEN KARTINI KANTHI NGURI-URI KABUDAYAN JAWI: MEMPERINGATI HARI KARTINI DENGAN MELESTARIKAN BUDAYA JAWA”

Salah satu tujuan kami menyelenggarakan acara tersebut memang untuk melestarikan kebudayaan Jawa, khususnya bagi kalangan anak-anak yang sebagian besar kurang begitu peduli dengan kebudayaan Jawa.

Unsur budaya Jawa kami suguhkan melalui penyelenggaraan upacara bendera dengan menggunakan bahasa Jawa seperti yang digunakan pada upacara-upacara resmi di Keraton dan pelaksanaan outbond bagi anak-anak, di mana dalam outbond tersebut kami menyuguhkan permainan-permainan tradisional seperti: gobag sodor, dhingkek oglak-aglik, dakon, tamparan dan lompat tali, serta ular naga panjangnya.

Berikut adalah reviewnya:

Part.I UPACARA BENDERA

“Siaga yitna, gya!”

Suara lantang tiga orang tiga orang pemimpin pleton, yang kesemuanya adalah perempuan (seluruh petugas upacara pada saat itu adalah perempuan, kecuali petugas pengibar bendera),  yang dalam bahasa Indonesia berarti “Siap grak!”, mengawali upacara peringatan hari Kartini pada hari Minggu 24 April 2011 lalu. Bertempat di lapangan sebelah timur dusun Dayakan tercinta, Panitia penyelenggara  “berhasil” menghadirkan Bapak Drs.H.Mardiyana selaku Camat Ngaglik dan Bapak Harjuno Wiwoho,S.E selaku Lurah Desa Srdonoharjo, sebagai Pembina upacara. Suatu kebanggaan yang mendalam karena ini adalah acara pertama Brama Muda yang dihadiri oleh tokoh-tokonh penting dari Pemda.

Bapak Camat sangat terkesan karena seluruh peserta upacara berpakaian rapi menggunakan pakaian Jawa dan batik yang rapi. Panitia memang menghimbau seluruh peserta upacara untuk menggunakan dresscode  demikian. Untuk petugas upacara dan paduan suara yang semuanya adalah pemuda-pemudi Dusun Dayakan, menggunakan kebaya dan sorjan yang warna-warni. Para pemuda terlihat gagah, sedangkan pemudi terlihat anggun dan cantik.

Urut-urutan upacara hari itu secara keseluruhan sama dengan upacara yang diselenggarakan di sekolah-sekolah atau instansi-instansi pemerintah, yang membedakan adalah aba-aba yang digunakan dalam upacara semuanya menggunakan bahasa Jawa. Kecuali pembacaan teks Pancasila, penyanyian lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan Lagu Nasional Ibu Kita Kartini, semua urutan upacara dilafadzkan menggunakan bagasa Jawa, termasuk amanat dari Pembina upacara.

Amanat upacara pagi itu disampaikan oleh Bapak Camat Ngaglik. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Brama Muda tersebut sangat bagus dan kreatif. Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat rutin diselenggarakan, lebih membanggakan lagi apabila pesertanya mencakup satu kelurahan. Selain itu, beliau juga cukup antusias dengan kegiatan tanam pohon yang kami selenggarakan 2 hari sebelumnya.

Upacara yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam sejak pukul 07.30 WIB tersebut diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Bapak Camat dan Bapak Lurah yang diserahkan oleh Ketua Umum Brama Muda, sdr, Budidaya,  serta kepada dua orang perwakilan peserta yang berpakaian paling menarik yang diserahkan oleh Bapak Lurah Sardonoharjo.

Ok, sekian dulu liputannya.

Next, akan rilis liputan tentnag outbond dan tanam pohon. See you ^_^

Dayakan, 21 Mei 2011

-Panitia Kartinian-

About these ads

About keluargabramamuda

1. Sebuah organisasi Pemuda/ Pemudi dusun Dayakan, Kelurahan Sardonoharjo,Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55581 2. Lahir di Wisma Kaliurang, 28 Oktober 2006 3. Terdiri dari Ketua Umum, Ketua I & II, Sekretaris dan Bendahara, serta anggota-anggota yang luar biasa. 4. Memiliki fokus kegiatan di bidang sosial masyarakat, kelestarian lingkungan, seni budaya dan olah raga, pendidikan dan kerohanian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: